Selasa, 27 Januari 2015

MS.WORD-MENGENAL JENDELA DAN MENU-MENU MS.WORD


Materi                 :     MENGENAL JENDELA DAN MENU-MENU MS.WORD                                    Unipdu, 15 Oktober 2014.
       I.         Pengenalan MS.Word.
Tampilan MS.Word adalah sebagai berikut :

                                                    
                                                                 

Keterangan :
1.      Baris menu, yaitu baris perintah berupa menu yang terletak dibawah baris judul, contoh baris menu pada MS.Word adalah file, edit, view, insert, format, tools, table, windows dan help.
2.      Toolbar biasanya ditempatkan dibawah garis menu dari jendela atau perangkat lunak aplikasi yang sedang aktif, berisi berbagai icon yang mewakili perintah-perintah tertentu, toolbar digunakan agar dapat memilih dan menjalanakn suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah –perintah yang sering digunakan.
3.      Tombol ukuran terdiri 3 icon, yaitu:
a.       Tombol minimize, digunakan untuk memperkecil ukuran jendela perangkat lunak sehingga membentuk icon aktif pada taskbar.
b.      Tombol maximize, digunakan untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh
c.       Tombol close, Digunakan untuk menutup jendela atau keluar dari perangkat lunak. Hal ini dilakukan apabila akan mengakhiri dan telah menyelesaikan pekerjaan.
4.      Text Area, yaitu daerah pengetikan yang juga disebut jendela dokumen yang merupakan dokumen yang sedang diketik.




keterangan :
1.      Penggaris (ruler), digunakan untuk memperbaiki batas margin kanan, kiri, atau juga bawah.
2.      Pointer atau kursor, berbentuk garis lurus yang berkedip, akan mengiringi setiap karakter/ huruf yang diketikkan.
3.      Role penggulung, digunakan untuk menggulung layar terdiri dari penggulung dari atas ke bawah (vertical) dan dari kiri ke kanan (horizontal).

    II.         Penyimpanan File.
Setelah menulis atau membuat dokumen tentunya dokumen tersebut akan disimpan dalam sebuah file. Caranya adalah sebagai berikut :
1.         Pilih atau klik menu file, save atau tekan tombol Ctrl+S atau klik tombol Toolbar Save pada baris toolbar kotak dialog seperti dibawah ini.









2.         Pilih Drive dan folder yang di inginkan atau yang akan digunakan, misalnya dokumen akan disimpan ke drive D
3.         Pada kotak isian file name, ketikkan nama file yang diinginkan.
4.         Kemudian klik Save, dengan demikian file telah tersimpan di Drive D.

 III.            Membuka File.
Membuka dokumen berarti melihat kembali file Word yang telah kita ketik sebelumnya dan telah kita save. Apabila ingin menambahkan atau memperbaiki file tersebut, dapat dilakukan dengan memunculkan kembali file tersebut, yaitu dengan cara :
1.      Pilih dan klik menu file, open atau tekan tombol Ctrl+0 atau klik tombol toolbar open pada baris toolbar.
2.      Pada tombol daftar pilihan look in, pilih dan klik folder yang di inginkan.
3.      Pada kotak isian file name, ketikkan nama file dokumen yang diinginkan, atau di klik file yang dimaksud, misalnya undangan.
4.      Kemudian klik tombol perintah open.








 IV.            Menu-menu dalam MS.Word.
1.      Menu File.
Menu file digunakan untuk membuat baru/menyimpan file, membuka file yang telah disimpan kemudian mencetaknya. Menu dalam file terdiri dari new, open, close, save, save as, print preview, print, send to, properties.






2.      Menu Edit.
Menu edit digunakan untuk mengoreksi, memperbaiki perintah-perintah yang telaah dilakukan, berfungsi juga memunculkan objek yang telah dicopy. Menu-menu yang ada dalam edit diantaranya: undo, rendo, paste, paste special, find, replace, go to, dan select all.




3.      Menu View.
Menu view digunakan untuk menunujukkan tampilan-tampilan layar, menu view terdiri dari menu-menu normal, web, layout, outline, toolbar, rule, header dan footer, full screnn dan zoom.









4.      Menu Insert.
Menu insert berfungsi terdiri dari : break, page, number, symbol, picture, objective, file, date and time, index anda table, tex box. Menu insert ini lebih berfungsi untuk memasukkan beberapa unsure pada teks diantaranya nomor halaman, tanggal, catatan kaki gambar dan sebagainya pada layar.


                                                   





5.      Menu Format.
Menu format terdiri dari font, paragrafh, bullet and numbering, border and shadding, colums, tab, drop cap, text direction, background.








6.      Menu Tools.
Pada beberapa menu yang sering dipakai terdapat menu tool yang jarang digunakan, menu tool terdapat language, word count, auto summarize, lock up, reference, auto correct, dan sebagainya.








7.      Menu Table.
Menu table terdiri dari insert table, insert coloum, insert row, insert cell, delete coloum, dellet cells, margin cells, split table, sorter formula.









    V.            Beberapa Fungsi pada menu File.
1.      Mengubah jenis huruf.
Setiap jenis dan bentuk huruf (font) mempunyai nama, misalnya Arial, Time New Roman, Tahoma dll. Pada saat memilih font, untuk mengubah huruf / font dari teks yang sebelumnya telah diketikkan, berikut langkah-langkahnya:
a.       Pilih atau blok teks yang akan diubah fonnya.
b.      Pilih font yang diinginkan pada kolom daftar font yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl + Shirp + F.






2.      Mengubah ukuran huruf.
Untuk mengubah huruf dari teks yang telah diketikkan sangat mudah, caranya adalah:
a.       Pilih atau blok teks yang akan diubah ukurannya.
b.      Pilih dan klik ukuran yang diinginkan pada tombol daftar pilihanfon size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shirp+P.







3.      Memilih tampilan huruf.
Baris toolbar formatting menyediakan tiga tombol toolbar untuk memilih gaya tampilan huruf, untuk mengubah gaya tampilan huruf dari teks yang telah diketikkan, dapat memilih tipe gaya yaitu:
a.       Bold/ Ctrl + B             : digunakan untuk menampilkan huruf besar.
b.      Italic / Ctrl + I             : digunakan untuk menampilkan huruf miring.
c.       Underline / Ctrl + U    : digunakan untuk menampilkan huruf dengan garis bawah.


4.      Menyisipkan symbol atau karakter khusus.
Untuk memasukkan symbol pada dokumen dapat dilakukan dengan sebagai berikut:
a.       Tempatkan kursor dimana symbol itu akan disisipkan.
b.      Pilih dan klik insert, symbol, kotak dialog symbol akan muncul.




c.       Pada kotak tersebut klik tab symbol.
d.      Pada kotak pilihan font, pilih dan klik symbol yang akan dipakai.
e.       Untuk menyisipkan symbol tersebut, klik perintah Insert atau klik dua kali pada symbol yang dipilih.
f.       Untuk mengakhiri klik perintah Close, dan untuk membatalkan atau pemilihan symbol tidak jadi dilakukan maka pilih saja close.

5.      Mengatur perataan teks.
Perataan teks dimaksudkan untuk mengatur bagaimana teks tersebut diatur kerapiannya. Untuk mengatur kerataan ini dapat dipilih :


                  Left Align       Center     Right Align      Justify
                                                       
Keterangan :
a.       Left Alighn (rata kiri), yaitu sisi kiri paragraph akan rata, sedangkan sisi kanannya tidak merata. Perataan ini dapat dilakukan untuk menulis surat yang tidak formal.
b.      Center (rata tengah), yaitu paragraph ditempatkan dengan posisi ditengah biasanya digunakan untuk membuat judul.
c.       Right Alighn (rata sisi kanan), yaitu sisi kanan paragraph akan rata, tetapi sisi kirinya tidak, perataan ini biasanya dapat digunakan dalam penulisan judul atas dan judul bawah.
d.      Justify (perataan penuh), dengan perataan kiri dan kanan ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan surat-surat yang formal, tipe ini yang paling banyak digunakan dan cocok untuk membuat tulisan dalam format sepeti Koran, majalah, dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar