Materi
: MENGENAL JENDELA DAN MENU-MENU MS.WORD Unipdu, 15 Oktober 2014.
I.
Pengenalan MS.Word.
Tampilan MS.Word adalah
sebagai berikut :
Keterangan :
1.
Baris
menu, yaitu baris perintah berupa menu yang terletak dibawah baris judul,
contoh baris menu pada MS.Word adalah file, edit, view, insert, format, tools,
table, windows dan help.
2.
Toolbar
biasanya ditempatkan dibawah garis menu dari jendela atau perangkat lunak
aplikasi yang sedang aktif, berisi berbagai icon yang mewakili
perintah-perintah tertentu, toolbar digunakan agar dapat memilih dan
menjalanakn suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah
–perintah yang sering digunakan.
3.
Tombol ukuran terdiri 3 icon, yaitu:
a.
Tombol minimize, digunakan untuk memperkecil ukuran jendela
perangkat lunak sehingga membentuk icon aktif pada taskbar.
b.
Tombol maximize, digunakan untuk memperbesar ukuran jendela
hingga menjadi satu layar penuh
c.
Tombol close, Digunakan
untuk menutup jendela atau keluar dari perangkat lunak. Hal ini dilakukan
apabila akan mengakhiri dan telah menyelesaikan pekerjaan.
4.
Text
Area, yaitu daerah pengetikan yang juga disebut jendela dokumen yang merupakan
dokumen yang sedang diketik.
keterangan :
1.
Penggaris
(ruler), digunakan untuk memperbaiki batas margin kanan, kiri, atau juga bawah.
2.
Pointer
atau kursor, berbentuk garis lurus yang berkedip, akan mengiringi setiap
karakter/ huruf yang diketikkan.
3.
Role
penggulung, digunakan untuk menggulung layar terdiri dari penggulung dari atas
ke bawah (vertical) dan dari kiri ke kanan (horizontal).
II.
Penyimpanan File.
Setelah menulis atau membuat dokumen
tentunya dokumen tersebut akan disimpan dalam sebuah file. Caranya adalah
sebagai berikut :
1.
Pilih
atau klik menu file, save atau tekan tombol Ctrl+S atau klik tombol Toolbar
Save pada baris toolbar kotak dialog seperti dibawah ini.
2.
Pilih
Drive dan folder yang di inginkan atau yang akan digunakan, misalnya dokumen
akan disimpan ke drive D
3.
Pada
kotak isian file name, ketikkan nama file yang diinginkan.
4.
Kemudian
klik Save, dengan demikian file telah tersimpan di Drive D.
III.
Membuka File.
Membuka dokumen
berarti melihat kembali file Word yang telah kita ketik sebelumnya dan telah
kita save. Apabila ingin menambahkan atau memperbaiki file tersebut, dapat
dilakukan dengan memunculkan kembali file tersebut, yaitu dengan cara :
1.
Pilih
dan klik menu file, open atau tekan tombol Ctrl+0 atau klik tombol toolbar open
pada baris toolbar.
2.
Pada
tombol daftar pilihan look in, pilih dan klik folder yang di inginkan.
3.
Pada
kotak isian file name, ketikkan nama file dokumen yang diinginkan, atau di klik
file yang dimaksud, misalnya undangan.
4.
Kemudian klik tombol
perintah open.
IV.
Menu-menu dalam MS.Word.
1.
Menu
File.
Menu file digunakan untuk
membuat baru/menyimpan file, membuka file yang telah disimpan kemudian
mencetaknya. Menu dalam file terdiri dari new, open, close, save, save as,
print preview, print, send to, properties.
2.
Menu
Edit.
Menu edit digunakan untuk mengoreksi, memperbaiki
perintah-perintah yang telaah dilakukan, berfungsi juga memunculkan objek yang
telah dicopy. Menu-menu yang ada dalam edit diantaranya: undo, rendo, paste,
paste special, find, replace, go to, dan select all.
3.
Menu
View.
Menu view digunakan
untuk menunujukkan tampilan-tampilan layar, menu view terdiri dari menu-menu normal,
web, layout, outline, toolbar, rule, header dan footer, full screnn dan zoom.
4.
Menu
Insert.
Menu insert berfungsi terdiri dari : break, page,
number, symbol, picture, objective, file, date and time, index anda table, tex
box. Menu insert ini lebih berfungsi untuk memasukkan beberapa unsure pada teks
diantaranya nomor halaman, tanggal, catatan kaki gambar dan sebagainya pada
layar.
5.
Menu
Format.
Menu format terdiri
dari font, paragrafh, bullet and numbering, border and shadding, colums, tab,
drop cap, text direction, background.
6.
Menu
Tools.
Pada beberapa menu yang sering dipakai terdapat menu
tool yang jarang digunakan, menu tool terdapat language, word count, auto
summarize, lock up, reference, auto correct, dan sebagainya.
7.
Menu
Table.
Menu table terdiri dari
insert table, insert coloum, insert row, insert cell, delete coloum, dellet
cells, margin cells, split table, sorter formula.
V.
Beberapa Fungsi pada menu File.
1.
Mengubah
jenis huruf.
Setiap jenis dan bentuk huruf (font) mempunyai nama,
misalnya Arial, Time New Roman, Tahoma dll. Pada saat memilih font, untuk
mengubah huruf / font dari teks yang sebelumnya telah diketikkan, berikut
langkah-langkahnya:
a.
Pilih
atau blok teks yang akan diubah fonnya.
b.
Pilih font yang
diinginkan pada kolom daftar font yang terdapat pada baris toolbar formatting
atau tekan tombol Ctrl + Shirp + F.
2.
Mengubah
ukuran huruf.
Untuk mengubah huruf dari teks yang telah diketikkan
sangat mudah, caranya adalah:
a.
Pilih
atau blok teks yang akan diubah ukurannya.
b.
Pilih
dan klik ukuran yang diinginkan pada tombol daftar pilihanfon size yang
terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shirp+P.
3.
Memilih
tampilan huruf.
Baris toolbar
formatting menyediakan tiga tombol toolbar untuk memilih gaya tampilan huruf,
untuk mengubah gaya tampilan huruf dari teks yang telah diketikkan, dapat memilih
tipe gaya yaitu:
a.
Bold/
Ctrl + B : digunakan untuk
menampilkan huruf besar.
b.
Italic
/ Ctrl + I : digunakan untuk
menampilkan huruf miring.
c.
Underline / Ctrl + U : digunakan untuk menampilkan huruf dengan
garis bawah.
4.
Menyisipkan
symbol atau karakter khusus.
Untuk memasukkan symbol pada dokumen dapat dilakukan
dengan sebagai berikut:
a.
Tempatkan
kursor dimana symbol itu akan disisipkan.
b.
Pilih dan klik insert,
symbol, kotak dialog symbol akan muncul.
c.
Pada
kotak tersebut klik tab symbol.
d.
Pada
kotak pilihan font, pilih dan klik symbol yang akan dipakai.
e.
Untuk
menyisipkan symbol tersebut, klik perintah Insert atau klik dua kali pada
symbol yang dipilih.
f.
Untuk
mengakhiri klik perintah Close, dan untuk membatalkan atau pemilihan symbol
tidak jadi dilakukan maka pilih saja close.
5.
Mengatur
perataan teks.
Perataan teks dimaksudkan
untuk mengatur bagaimana teks tersebut diatur kerapiannya. Untuk mengatur
kerataan ini dapat dipilih :
Left Align Center Right Align Justify
Keterangan :
a.
Left
Alighn (rata kiri), yaitu sisi kiri paragraph akan rata, sedangkan sisi
kanannya tidak merata. Perataan ini dapat dilakukan untuk menulis surat yang
tidak formal.
b.
Center
(rata tengah), yaitu paragraph ditempatkan dengan posisi ditengah biasanya
digunakan untuk membuat judul.
c.
Right
Alighn (rata sisi kanan), yaitu sisi kanan paragraph akan rata, tetapi sisi
kirinya tidak, perataan ini biasanya dapat digunakan dalam penulisan judul atas
dan judul bawah.
d.
Justify
(perataan penuh), dengan perataan kiri dan kanan ini sangat cocok untuk
digunakan dalam pembuatan surat-surat yang formal, tipe ini yang paling banyak
digunakan dan cocok untuk membuat tulisan dalam format sepeti Koran, majalah,
dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar