Selasa, 27 Januari 2015

MS.EXCEL-FUNGSI PENGGUNAAN ABSOLUT


FUNGSI PENGGUNAAN ABSOLUT

Fungsi Absolut
Fungsi penggunaan absolute ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolute dengan mengetik tanda dillar ( $ ) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda ingin tidak berubah. Seperti formula =D4 berubah pada saat anda salin ke cell lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.

Data entry
Prinsipnya hampir sama dengan penggunaan absolute dimana bila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin namun keuntungan lain menggunakan data entry adalah kemungkinan kita melakukan pencarian referensi antar sheet.
Proses data entry diawali dengan membuat range rekening-rekening transaksi maupun data-data lain yang akan dipakai sebagai patokan pada proses selanjutnya, proses ini berlangsung setelah user menuliskan dan menamakan range rekening-rekening bersangkutan sebagai berikut:
Contoh rekening-rekening penjualan jenis-jenis buku pada sebuah perpustakaan:
Kode
Nama Buku
001
Komputer
010
Manajemen
011
Akutansi
100
Teologi
101
Biologi



1.      Menuliskan rekening-rekening di atas
2.        Blokir area cell $A$2:$B$6
3.        Kemudian carilah menu insert, name, define.
4.        Pada menu define name, pada text box names di workbooks anda dipersilahkan untuk menamakan range rekening-rekening yang telah anda buat.
5.        Perhatikan pada text box refers to : range yang telah anda buat.
6.        Jika telah selesai klik OK.
Untuk lebih jelasnya tujuan membuat range pada tabel yang telah anda buat, anda dipersilahkan untuk mengganti sheet. Berpindahlah ke sheet 2 lalu pada cell B1 ketikkan formula berikut =IF(A1<>””,VLOOKUP(A1,buku,2),””). Lalu pada cell A1 coba anda ketikkan salah satu kode, dan lihat perubahannya.

Fungsi aplikasi ini adalah memudahkan kita pada saat mengisi tabel yang jumlahnya banyak agar tidak menulis data secara berulang-ulang.
Jika tabel itu disusun secara vertikal
 maka menggunakan rumus =VLOOKUP
Caranya buat tabel dahulu sesuai kebutuhan.
Gunakan rumus
 =VLOOKUP(tabel yang akan diisi “gelar”;blok semua tabel yang akan dijadikan patokan untuk mengisi tabel”klik F4” untuk mengabsolut;isi urutan tabel yang menjadi patokan;isi FALSE). Contoh:


Penulisan rumus tersebut ditulis pada tabel data yang akan di butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar