Pembahasan : Memanfaatkan fungsi format untuk mengatur
bentuk-bentuk dari kolom.
Pada menu exel ada beberapa
pengaturan yang sudah ada rumusnya, misalnya format tanggal, nominal rupiah,
penjumlahan, pengurangan, dan lain sebagainya.
Tipe tex.
Misal
membuat penulisan angka tapi bentuk teks, maka sebelum penulisan tambahkan
tanda petik (‘), maka kalau di beri rumus tidak akan bisa berfungsi rumusnya
karena ada tanda petiknya, karena angka dalam bentuk teks tersebut tidak dapat
di hitung.
Atau
ada format tersendiri yang jika ingin membuat secara otomatis, pada menu home-
number, maka akan keluar menu format cell, pilih tek, maka secara otomatis
angka yang telah ditulis akan berubah menjadi format teks.
Membuat
format tanggal
Pengetikan
tanggal, bulan, tahun secara manual adalah bentuk penulisan yang salah.
Penulisan yang rata
kiri menunjukkan penulisan yang salah, sedangkan penulisan yang benar adalah
yang otomatis berada di rata kiri. Untuk
membuat format tanggal secara otomatis dapat di buka pada menu format cell,
pilih date, pilih bentuk tanggal yang diinginkan.
Format
penulisan mata uang
Format penulisan mata
uang ada dua, yaitu currency dan accounting.
Pada penulisan format
accounting hasil penulisan angka dan Rp. Nya akan gabung/dekat, sedangkan pada
format accounting hasil penulisan angka dan Rp nya akan terpisah .
Format sesuai dengan keinginan kita
Misal
penulisan umur :
Jika penulisan tahun di
tulis secara manual maka jika akan mencari rata-rata menggunakan rumus maka
tidak akan bisa di hitung.contoh :
Jika ingin dapat di
hitung rata-rata umurnya maka gunakan menu format cel, pilij costum, ganti
tulisan pada type dengan tulisan : 0 “tahun”. Maka jika menggunakan format
tersebut, akan dapat di hitung rata-rata umurnya.
Format
penggabungan kolom : wraptex.
Format
penggabungan kolom dengan penulisan yang menyesuaikan kolom : dengan cara pilih
menu shrink to fit
A. Menyalin Isi Cell
Untuk menyalin isi suatu cell ke cell-cell yang terletak pada bagian
bawahnya dapat dilakukan dengan prosedur berikut :
Pilih Blok yang akan disalin lalu letakkan kursor pada sebelah kanan bawah
cell yang akan dicopy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.
B. Membuat Judul di tengah Tabel
Untuk membuat judul di tengah tabel maka dilakukan langkah sebagai berikut
ini:
Ketik terlebih dahulu kata yang menjadi judul pada kolom yang paling
pertama (A……). Blok kolom sampai ke kolom paling akhir tabel. Gunakan toolbar merge and
center .
C. Pengeditan dan Pengformatan Worksheet
Pengeditan worksheet
Pengeditan dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
1.
Tekan F2 di keyboard pada cell yang akan
diedit
2.
Double klik pada cell yang mau diedit
3.
Mengedit pada formula bar
Perintah untuk pengeditan
1.
Perintah fiil terdiri dari 4
pilihan:
Up :isi data pada cell dari bawah ke atas
Down :isi data pada cell dari atas ke bawah
Left :isi data pada cell dari kanan ke kiri
Right :isi data pada cell dari kiri ke kanan
2.
Delete : untuk menghapus cell beserta isinya
Tombol delete :menghapus isi cell terpilih tanpa memindahkan pilihan dari worksheet
Shift Cell Left :menggeser cell ke kiri
Shift Cell Up :menggeser cell ke atas
Entire Row :menghapus 1 baris
Entire Colum :menghapus 1 kolom
3.
Delete Sheet :untuk menghapus sheet yang sedang aktif
4.
Move or Copy Sheet :untuk memindahkan atau menggandakan sheet yang sedang aktif
D. Perintah untuk Pemformatan Worksheet
- Cell :Mengatur format dari komponen yang berhubungan dari cell
Adapun komponen-komponen
yang dapat diformat yakni:
a.
Number (format type data)
b.
Alignment (format tampilan vertikal,
horizontal, dan derajat kemiringan)
c.
Font (format tulisan)
d.
Border (format garis)
e.
Patterns (format warna pada cell)
f.
Protection (mengunci ataupun
menyembunyikan cell)
- Row :Mengatur format dari baris
a.
Height :mengatur panjang suatu baris
b.
Autofit :mengembalikan ke ukuran baris yang standart
c.
Hide :menyembunyikan baris yang ditunjuk
d.
Unhide :mengembalikan baris yang baru saja dilakukan hide (baris yang tersembunyi)
- Column : mengatur format dari kolom
a.
Width :mengatur lebar dari suatu kolom
b.
Autofit Selection :mengembalikan ke ukuran kolom yang standart
c.
Hide :menyembunyikan kolom yang ditunjuk
d.
Unhide
: mengembalikan baris yang baru saja
dilakukan hide (baris yang tersembunyi)
e.
Standard Wight : mengatur standart lebar dari kolom
- Sheet : mengatur format dari sheet yang sedang aktif
a.
Rename :mengganti nama sheet yang sedang aktif
b.
Hide :menyembunyikan sheet yang sedang aktif
c.
Unhide :mengembalikan sheet yang baru saja dilakukan hide (sheet yang tersembunyi)
d.
Background :memberi gambar sebagai background dari layer kerja MS Excel
Tab Color :memberi warna pada garis bawah tulisan nama sheet
. membuat range / blok sel
Pada saat bekerja menggunakan Excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu
sel saja. Terkadang, anda akan bekerja dalam grup/kumpulan sel. Misalnya saja
bila anda ingin merubah jenis huruf beberapa kolom dan (atau) baris, ingin
merubah rumus beberapa kolom dan (atau) baris, copy-paste atau mendelete data
beberapa kolom dan (atau) baris, dll. Dalam kondisi – kondisi seperti ini, anda
dapat menggunakan range / blok ini untuk memudahkan kerja anda.
Range dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai di ujung kanan
bawah. Sebagai contoh, range dari sel B2 sampai E7 dituliskan sebagai range
B2:E7.
Range / blok dapat dibuat dengan beberapa cara:
1. Membuat range dengan menggunakan tombol Shift
a. Tempatkan petunjuk sel awal range /
bagian awal sel yang ingin diblok, yaitu B2.
b. Sambil menekan Shift, tekan
tombol anak panah sampai sel tujuan, yaitu E7.
2. Membuat range menggunakan mouse
a. Klik sel yang merupakan sel awal range,
yaitu B2. Pointer / penunjuk mouse yang harus berada dalam keadaan tanda plus
warna putih (tunjuk ke dalam sel, bukan tepi sel).
b. Sambil menekan klik kiri mouse,
gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan, yaitu E7.
3. Membuat kolom atau baris
Suatu baris atau kolom dapat disorot dengan mengeklik huruf kolom atau
nomor baris yang anda inginkan. Misalnya cukup klik huruf kolom B bila ingin
menyorot seluruh kolom B.
4. Menyorot sederetan kolom atau baris
Untuk menyorot sederetan kolom (misalnya, B, C, D) atau sederetan baris
(misalnya 3, 4, 5) dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut ini:
a. Klik di huruf kolom atau di nomor baris awal
b. Sambil tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah (drag) pointer (penunjuk)
mouse hingga menyelorot seluruh baris itu.
Menghapus data
Untuk menghapus data di suatu sel atau range tertentu, pindahkan sel ke,
atau buatlah range tempat yang ingin dihapus, lalu tekan tombol delete.
Dan bila ingin menghapus format tampilan data / sel dapat dilakukan dengan
memilih dan mengeklik menu Edit, Clear, Formats.
Memasukkan rangkaian data dengan fasilitas
AutoFill
Untuk memasukkan data berupa angka atau teks dengan fasilitas AutoFill
dapat dilakukan dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini:
- Pilih/klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin anda buat. Misalnya pilih/klik sel B2
- Ketik data awal yang anda inginkan. Misalnya teks “Jan” January
- Pada sel berikutnya (sel bawah/ B3 atau disampingnya / C2) ketik data berikutnya yang anda inginkan. Misalnya di B3 ketik “Feb” (February)
- Sorot/bloklah B2:B3
- Dalam keadaan masih tersorot, arahkan penunjuk/pointer mouse ke pojok kanan bawah sel B3 sehingga tanda plus putih berubah menjadi plus hitam.
- Tekan tombol kiri mouse dan geserlah (drag) posisi pointer mouse ke sel yang diinginkan misalnya B12. Dengan ini rangkaian data angka dapat ditampilkan.
Menggunakan fasilitas AutoCalculate dan
AutoSum
ü AutoCalculate
Fasilitas AutoCalculate (perhitungan otomatis) digunakan untuk melakukan
perhitungan cepat dan mudah dari data-data yang cukup banyak dalan suatu range
tertentu. Di dalam fasilitas AutoCalculate ini terdapat 6 buah perintah, yakni
perintah otomatis untuk menghitung rata – rata (Average), jumlah data (Count),
banyak data angka (Count Nums), Nilai max (Max), nilai min (Min), dan jumlah
angka data (Sum).
Cara menggunakannya
adalah sebagai berikut:
- Sorot range yang akan dikalkulasi/hitung. Misal sorot range C7:C12 dari data.
- Klik tombol kanan mouse di baris status, dan pilihlah jenis kalkulasi yang anda inginkan. Misalkan pilih Average (A) untuk menghitung rata – rata data.
- Hasilnya akan ditampilkan di baris status.
ü AutoSum
Fungsi AutoCalculate di atas adalah untuk menghitung cepat data – data yang
cukup banyak, tetapi tidak dapat menuliskan secara otomatis di lembar kerja
anda. Khusus untuk penjumlahan (Sum), ada cara mudah lain untuk melakukannya
yang sekaligus juga dapat menuliskannya ke lembar kerja anda. Caranya adalah
dengan menggunakan tombol toolbar AutoSum (S).
Misalnya dalam contoh di atas, bila kita ingin menuliskan total unit,
letakkan pointer mouse ke tempat yang kita inginkan (misalnya C13), lalu tekan
tombol S di toolbar. Selanjutnya sorot range yang ingin dijumlahkan (dalam
contoh ini adalah C5:C10) dan tekan Enter.
Mengatur lebar kolom
1. Mengatur lebar kolon dengan menggunakan
mouse.
a.
Arahkan pointer mouse pada batas kanan
kolom yang akan diubah hingga plus tanda warna putih berubah menjadi tanda
panah 2 arah.
b.
Catatan : Bila ingin berubah sederet
kolom, terlebih dahulu bloklah kolom yang akan dirubah lebarnya, kemudian
tempatkan pointer mouse ke batas kanan salah satu kolom tersebut.
c.
Klik kiri mouse, dan sambil terus menekan
mouse geser (drag) lah mouse hingga lebar kolom sesuai yang diinginkan.
2. Mengatur lebar kolom sesuai data
terpanjang
a.
Arahkan pointer mouse pada batas kanan
huruf kolom yang akan diubah lebarnya.
b.
Klik dua kali pada batas kolom. Lebar
kolom akan mengikuti data terpanjang yang ada pada kolom,
Mengatur tinggi kolom
1.
Mengarahkan pointer mouse pada batas bawah
baris yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda
panah dua arah.
2.
Catatan : Bila ingin merubah tinggi
sederet baris, terlebih dahulu bloklah baris yang akan diubah tingginya,
kemudian tempatkan pointer mouse ke batas bawah salah satu baris tersebut.
3.
Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus
menekan mouse, geser(drag)-lah mouse hingga tinggi baris yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar