Selasa, 27 Januari 2015

MEMBUAT TABULASI & MAIL MERGE


Materi : MEMBUAT TABULASI & MAIL MERGE                          Unipdu, 29 Oktober 2014.               
MEMBUAT TABULASI
Fungsi tabulasi adalah untuk membuat rata kiri dan rata kanan
1.      Bentuk tabulasi adalah sebagai berikut :

 





2.      Tabulasi juga berfungsi sebagai pengamanan, misal untuk membuat titik-titik pada daftar isi secara otomatis.
-          Blok data yang akan diberi titik-titik
-          Tentukan batas kiri atau posisi akhir dengan menggunakan tab


 








-          klik 2 kali pada tab sampai keluar gambar berikut:














-          tentukan tab stop position,
-          pilih leader, pilih format nomor 2 yaitu titik-titik, jika penggunaan yang akan digunakan adalah titik-titik.
-          klik set
-          klik OK
Contoh :
Doc 1.....................................................................................................        12
Doc 2.....................................................................................................        13
Doc 3.....................................................................................................        14



MEMBUAT MAIL MERGE
Untuk membuat surat masal pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buat template surat yang akan dibuat surat masal
  2. Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
  3. Pada popup menu, pilih Type New List.











  1. Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat.


  1. Hapus data yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.









  1. Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.











  1. Langkah selanjutnya, buka folder dimana database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.











  1. Isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.
  2. Selanjutnya buka lembar kerja ms word anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.












  1. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
  2. Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar